News & Updates
Tips rahasia sukses wawancara saat melamar pekerjaan;
Berikut tips rahasia sukses wawancara saat melamar pekerjaan;
1. Berapa gaji yang Anda minta?
Jawab: Sebutkan gaji yang besarnya realistis. Lihat mata pewawancara,
sebutkan jumlah, dan berhentilah bicara. Jangan bohong tentang gaji yang
Anda terima di kantor sebelumnya, bila Anda sudah bekerja. Bila Anda
merasa bahwa gaji Anda di kantor yang sekarang terlalu kecil, berikan
penjelasan.
2. Apa kelebihan utama Anda?
Jawab: Pilih potensi Anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang
Anda lamar. Hindari respons yang generik seperti pengakuan bahwa Anda
pekerja keras. Lebih baik, berikan respons berupa, “Saya selalu
diperbudak daftar pekerjaan yang saya buat sendiri. Sebab, saya tidak
mau pulang sebelum pekerjaan di kantor beres semua.”
3. Apa kekurangan Anda yang paling jelas?
Jawab: Jangan bilang Anda seorang perfeksionis (menunjukkan bahwa Anda
sombong). Lebih baik, jujur saja dan sebutkan kelemahan yang kongkret.
Misalnya, Anda lemah menghitung di luar kepala, dan karenanya Anda
mengatasinya dengan membawa kalkulator. Tapi, kemudian, susul dengan
kelebihan Anda.
4. Di mana Anda melihat diri Anda lima tahun lagi?
Jawab: Gambarkan posisi yang realistis. Kira-kira dua-tiga posisi di
atas posisi yang Anda lamar sekarang. Jangan sertakan cita-cita yang tak
ada hubungannya dengan lamaran pekerjaan Anda, misalnya, ingin jadi
bintang sinetron atau jadi novelis. Sebab, Anda akan tampak tidak fokus.
5. Mengapa Anda ingin meninggalkan kantor yang lama?
Jawab: Jangan sampai mengemukakan hal yang negatif. Kalau kenyataannya
begitu, ucapkan dalam kalimat ‘positif’, misalnya bahwa Anda tidak
melihat ada ‘ruang’ di mana Anda bisa berkembang. Lalu, jelaskan mengapa
Anda menganggap bahwa pekerjaan di kantor baru ini memberi kesempatan
yang lebih baik.
6. Adakah contoh kegagalan Anda?
Jawab:
Ungkapkan kegagalan yang pernah Anda alami, tapi yang sudah terpenuhi
solusinya. Supaya, pewawancara tahu bahwa Anda punya usaha untuk
mengatasi masalah
7. Apakah Anda punya pertanyaan?
Jawab:
Berikan paling sedikit dua pertanyaan yang terfokus pada kantor baru
ini. Misalnya, Anda bertanya apakah kantor ini sudah punya website.
Atau, bisa juga Anda mempertanyakan kehadiran CEO yang Anda tahu baru
saja diangkat – apakah membuat kinerja perusahaan semakin baik, dan
semacamnya. Jangan bertanya tentang kepentingan Anda sendiri, misalnya,
apakah karir Anda akan berkembang di sana.
Apa yang menjadikan
seseorang selalu sukses untuk menggapai impiannya? Tampil beda dan
memiliki keunggulan komperatif mungkin salah satu yang menjadikan Anda
selalu berada di dalam posisi terdepan!
Termasuk dalam meraih karier
dan mengungguli orang lain dalam mencari pekerjaan yang sesuai. Ada
beberapa trik atau strategi yang perlu disiapkan agar Anda sukses dalam
melewati tahapan untuk mengejar karier yang diidam-idamkan.
sumber:
http://id.she.yahoo.com/tips-wawancara-untuk-lolos-melamar-pekerjaan-185630256.html
0 komentar:
Posting Komentar